Terjemah Kitab Adabul 'Alim Wal Muta'allim Bag.4
[٣] الباب
الثالث
فى آداب
المتعلم مع شيخه
وفيه اثنا عشر
نوعا من الآداب
BAB III
ADAB SEORANG PELAJAR TERHADAP GURUNYA
ADA 12
MACAM
١- الأول: ينبغى للطالب أن
يقدم النظر ويستخير الله تعالى فيمن يأخذ العلم عنه ويكتسب حسن الأخلاق والآداب
منه، وليكن إن أمكن ممن تثبت أهليته وتحققت شفقته وظهرت مروءته واشتهرت صيانته،
وكان أحسنَ تعليما وأجودَ تفهيما. فعن بعض السلف: هذا العلم دين فانظروا عمن
تأخذون دينكم.
Pertama,
Berangan-angan, berfikir yang mendalam kemudian melakukan shalat istikharah,
kepada siapa ia harus mengambil ilmu dan mencari bagusnya budi pekerti darinya.
Jika memungkinkan bagi seorang pelajar, hendaklah memilih guru yang sesuai
dalam bidangnya, ia juga mempunyai sifat kasih sayang, menjaga muru’ah (etika),
menjaga diri dari perbuatan yang merendahkan mertabat seorang guru. Ia juga
seorang yang bagus metode pengajaran dan pemahamannya. Diriwayatkan dari
sebagian ulama’ salaf: “Ilmu ini adalah agama, maka perhatikanlah dari siapa
kalian mengambil atau belajar agama kalian”.
٢- والثاني: يجتهد أن يكون
الشيخ ممن له على العلوم الشرعية تمام الاطلاع وله ممن يوثق به من مشايخ عصره كثرة
بحث وطول اجتماع، لا ممن أخذ العلم عن بطون الأوراق ولم يعرف بصحبة المشايخ
الحذاق. قال إمامنا الشافعي رضي الله عنه: من تفقه من بطون الكتب ضيّع الأحكام.
Kedua,
Bersungguh-sungguh dalam mencari seorang guru, ia termasuk orang yang mempunyai
perhatian khusus terhadap ilmu syari’at dan termasuk orang-orang yang dipercaya
oleh para guru-guru pada zamanya, sering diskusi serta lama dalam perkumpulan
diskusinya, bukan termasuk orang-orang yang mengambil ilmu berdasarkan makna
yang tersurat dalam sebuah teks dan tidak dikenal guru-guru yang mempunyai
tingkat kecerdasan tinggi. Imam kita Al-Syafi’i berkata: “Barang siapa yang
mempelajari ilmu fiqh hanya memahami makna–makna yang tersurat saja, maka ia
telah menyia-nyiakan beberapa hukum”.
٣- والثالث: أن ينقاد لشيخه
فى أموره ولا يخرج عن رأيه وتدبيره بل يكون معه كالمريض مع الطبيب الماهر فيستأمره
فيما يقصده ويتحرى رضاه فيما يعمله ويبالغ فى حرمته ويتقرب إلى الله تعالى بخدمته
وليعلم أن ذله لشيخه عزه وخضوعه له فخره وتواضعه له رفعته.
Ketiga,
Patuh terhadap gurunya dalam segala hal dan tidak keluar dari pemikiran-pemikiran
dan pendapat-pendapatnya. Bahkan, hendaknya hubungan antara guru dan muridnya
itu ibarat pasien dengan dokter spesialis. Sehingga ia minta resep sesuai
dengan anjurannya dan selalu berusaha sekuat tenaga untuk memperoleh ridhanya
terhadap apa yang ia lakukan dan bersungguh sungguh dalam memberikan
penghormatan kepadanya dan mendekatkan diri kepada Allah ta’ala dengan cara
melayaninya. Hendaknya seorang pelajar tahu bahwa merendahkan diri di hadapan
gurunya merupakan kemuliaan, ketundukannya kepada gurunya merupakan kebanggaan
dan tawadlu’ dihadapannya merupakan ketinggian derajatnya.
٤- والرابع: أن ينظر إليه
بعين الإجلال والتعظيم ويعتقد فيه درجة الكمال، فإن ذلك أقرب إلى نفعه به. قال أبو
يوسف: سمعت السلف يقولون: من لا يعتقد جلالة استاذه لا يُفلح. فلا يخاطب شيخه بتاء
الخطاب وكافه، ولا يناديه باسمه، بل يقول: يا سيدي أو يا استاذي، ولا يذكره ايضا
فى غيبته باسمه إلا مقرونًا بما يشعر بتعظيمه كقوله: قال الشيخ الاستاذ كذا أو قال
شيخنا أو نحو ذلك.
Kempat,
Memandang guru dengan pandangan bahwa dia adalah sosok yang harus dimuliakan
dan dihormati dan berkeyakinan bahwa guru itu mempunyai derajat yang sempurna.
Karena pandangan seperti itu paling dekat kepada kemanfaatan ilmunya. Abu Yusuf
berkata: “Aku mendengar para ulama’ salaf berkata: “Barang siapa yang tidak mempunyai
sebuah keyakinan (i’tiqad) tentang kemuliaan gurunya, maka ia tidak akan berhasil.
Maka bagi pelajar jangan memanggil guru dengan menggunakan ta’ khitab (menyebut
kata kamu) dan kaf khitab (mu), ia juga jangan memanggil dengan namanya. Bahkan
ia harus memanggil dengan: “yaa sayyidi” (wahai tuanku) atau “yaa ustadzi” (wahai
guruku). Juga ketika seorang guru tidak berada ditempat, maka pelajar tidak
diperkenankan memanggil dengan sebutan namanya kecuali apabila nama tersebut
disertai dengan sebutan yang memberikan pengertian tentang keagungan seorang
guru, seperti : “Al Syekh Al Ustadz berkata begini begini” atau “guru kami
berkata” dan lain sebagainya.
٥- والخامس: أن يعرف له حقه
ولا ينسى له فضله، وأن يدعو له مدة حياته وبعد مماته. ويراعي ذريته وأقاربه
وأودّائه، ويتعاهد زيارة قبره والاستغفار له والصدقة عنه، ويسلك فى السمت[1] والهدى مسلكه. ويراعي فى الدين والعلم عادته، ويتأدب
بآدابه ولا يدع الإقتداء به.
Kelima,
Hendaknya pelajar mengetahui kewajibannya kepada gurunya dan tidak pernah
melupakan jasa-jasanya, keagungannya dan kemuliaannya, serta selalu mendoakan
kepada gurunya baik ketika beliau masih hidup atau setelah meniggal dunia.
Selalu
menjaga keturunannya, para kerabatnya dan orang-orang yang beliau kasihi, dan
selalu menekankan terhadap dirinya sendiri untuk selalu berziarah kemakam
beliau untuk memintakan ampun, memberikan shadaqah atas nama beliau, selalu
menampakkan budi pekerti yang bagus dan memberikan petunjuk kepada orang lain
yang membutuhkannya, disamping itu pelajar harus selalu menjaga adat istiadat,
tradisi dan kebiasaan yang telah dilakukan oleh gurunya baik dalam masalah
agama atau dalam masalah keilmuan, dan menggunakan budi pekerti sebagaimana
yang telah dilakukan oleh gurunya, selalu setia, tunduk dan patuh kepadanya
dalam keadaan apapun dan dimanapun ia berada.
٦- والسادس: أن يتصبر على
جفوة تصدر من الشيخ أو سوء خلقه، ولا يصدّه ذلك عن ملازمته واعتقاد كماله، ويتأول
لأفعاله التى يظهر أن الصواب خلافها على أحسن تأويل. وإذا جفاه الشيخ ابتدأ هو
بالإعتذار وأظهر الذنب له والعتب[2] عليه، فإن ذلك أبقى لمودة شيخه على توقيفه فيما فيه
فضيلة وعلى توبيخه على ما فيه نقيصة أو على كسل يعتريه[3] أو على تقصير يعانيه[4] أو غير ذلك مما فى إيقافه عليه وتوبيخه إرشاده
وإصلاحه، ويعد ذلك من الشيخ من نعم الله تعالى باعتناء الشيخ به ونظره إليه، فإن
ذلك أميَل لقلب الشيخ وأبعث على الاعتناء بمصالحه. وإذا أوقفه الشيخ على دقيقة من
أدب أو نقيصة صدرت منه كان يعرفها من قبل فلا يظهر أنه كان عارفا بها وغفل عنها بل
يشكر الشيخ على إفادته ذلك واعتنائه بأمره. فإن كان له فى ذلك عذر وكان إعلام
الشيخ به أصلح فلا بأس، وإلا تركه إلا أن يترتب على ترك بيان العذر مفسدة فيتعين
إعلامه.
Keenam,
Pelajar harus menahan diri (sabar) tatkala hati seorang guru sedang gundah
gulana, marah, murka atau budi pekerti, prilaku beliau yang kurang diterima
oleh santrinya.
Hendaklah
hal tersebut tidak menjadikan pelajar lantas meninggalkan guru (tidak setia)
bahkan ia harus mempunyai keyakinan (i’tiqad) bahwa seorang guru itu
mempunyai derajat yang sempurna, dan berusaha sekuat tenaga untuk menafsiri,
menakwili semua pekerjaan-pekerjaan yang ditampakkan dan dilakukan oleh seorang
guru bahwasanya yang benar adalah kebalikannya, dengan pena’wilan dan
penafsiran yang baik.
Apabila
seorang guru berbuat kasar kepada santrinya, maka yang perlu dilakukan pertama
kali adalah dengan cara meminta ampunan kepada guru dan menampakkan rasa
penyesalan diri dan mencari kerelaan, ridha dari gurunya, karena hal itu akan
lebih mendekatkan diri pelajar untuk mendapatkan kasih sayang guru.
٧- والسابع: أن لا يدخل على
الشيخ فى غير المجلس العام إلا باستئذان سواء كان الشيخ وحده أو كان مع غيره. فإن
استئذن بحيث يعلم الشيخ ولم يأذن له انصرف ولا يكرر الاستئذان، وإن شك فى علم
الشيخ به فلا يزيد فى الاستئذان فوق ثلاث مرات أو ثلاث طرقات للباب، وليكن طرق
الباب خفيفا بأدب وبأظفار الأصابع ثم بالأصابع قليلا قليلا.
Ketujuh,
Pelajar sebaiknya meminta izin terlebih dahulu sebelum memasuki tempat non-umum
(ruangan pribadi) gurunya yang di dalamnya ada guru, baik guru itu sendirian
maupun bersama orang lain. Jika pelajar meminta izin dan pendidik mengetahui
hal itu, namun tidak memberinya izin, maka hendaklah pelajar meninggalkan
tempat dan tidak mengulangi permintaan izinnya. Jika pelajar ragu-ragu apakah
pendidik mengetahui dirinya, maka pelajar tidak boleh meminta izin lebih dari
tiga kali atau tiga kali ketukan pintu. Hendaklah pelajar mengetuk pintu
(kediaman) pendidik secara pelan-pelan dengan penuh sopan santun, serta
menggunakan kuku jari-jemari atau jari-jemari sedikit demi sedikit (secara
bertahap).
وإذا أذن وكانوا جماعة تقدم أفضلهم
وأسنهم فى الدخول والسلام عليه ثم سلم عليه الأفضل فالأفضل. ويدخل على الشيخ كامل
الهيئة متطهر البدن والثياب نظيفهما بعد ما يحتاج إليه من أخذ ظفر وإزالة رائحة
كريهة لا سيما إذا قصد العلم فإنه مجلس ذكر واجتماع عبادة.
Jika
guru memberi izin, sedangkan pelajar datang bersama rombongan (jama'ah), maka
yang pertama kali masuk dan mengucapkan salam kepada pendidik adalah orang yang
paling mulia dan paling tua di antara rombongan, kemudian dilanjutkan anggota
rombongan yang lain.
Pelajar
masuk ke kediaman guru dengan sikap yang sempurna, badan dan pakaian yang
bersih, serta melakukan hal-hal yang dibutuhkan, misalnya memotong kuku dan
menghilangkan bau (badan maupun pakaian) yang menyengat hidung, terlebih lagi
jika pelajar itu bermaksud untuk belajar ilmu, karena majlis ilmu merupakan
majlis dzikir, majlis pertemuan sekaligus majlis ibadah.
ومتى دخل على الشيخ فى غير مجلس
العلم وعنده من يتحدث معه فسكتوا عن الحديث أو دخل والشيخ وحده يصلى أو يذكر أو
يطالع فترك ذلك سكت ولا يبدؤه بالكلام بل يسلم ويخرج سريعا إلا أن يأمره الشيخ
بالمكث، وإذا مكث فلا يطيل إلا أن يأمره بذلك.
Jika
pelajar masuk ruangan pribadi yang di dalamnya ada guru dan orang lain yang
sedang berbincang-bincang dengannya, kemudian mereka berdua berhenti berbicara
atau jika pelajar memasuki ruangan guru yang sendirian, sedangkan guru tersebut
sedang shalat, berdzikir ataupun belajar, kemudian guru berhenti melakukan
semua itu maka hendaklah pelajar diam dan tidak memulai pembicaraan dengan guru,
bahkan sebaiknya pelajar mengucapkan salam kepada guru lalu pergi secepatnya,
kecuali jika guru memerintahkannya untuk diam di situ. Jika pelajar berdiam
diri di tempat itu, maka tidak perlu berlama-lama kecuali jika diperintahkan
oleh guru.
وإذا حضر مكان الشيخ فلم يجده جالسا
انتظره كيلا يفوت نفسه درسه ولا يطرق عليه ليخرج إليه، وإن كان نائما صبر حتى
يستيقظ، أو ينصرف ثم يعود، والصبر خير له. ولا يخترع وقتا خاصا به دون غيره وإن
كان رئيسا أو كبيرا لما فيه من الترفع والحمق على الشيخ والطلبة. فإن بدأه الشيخ
بوقت معين أو خاص لعذر عائق له عن الحضور مع الجماعة أو لمصلحة رآها الشيخ فلا بأس
به.
Apabila
pelajar menghadiri ruangan guru, sedangkan guru tidak sedang duduk, maka
sebaiknya pelajar rela menunggu supaya dia tidak ketinggalan pelajaran dan
pelajar tidak boleh mengetuk pintu agar guru keluar dari ruangan. Jika guru
sedang tidur, pelajar hendaknya sabar menunggu sampai guru bangun tidur atau
pelajar boleh pergi dan kembali lagi di lain waktu. Namun bersabar (menunggu)
itu lebih baik bagi pelajar.
Pelajar
tidak boleh meminta waktu khusus kepada guru untuk dirinya sendiri tanpa ada
orang lain, meskipun pelajar itu berstatus pemimpin atau pembesar, karena hal
itu termasuk sikap sombong dan tolol kepada guru dan para pelajar lain. Apabila
guru sendiri yang meluangkan waktu tertentu atau waktu khusus untuk pelajar
karena ada suatu uzur yang membuat pelajar tidak bisa mengikuti pelajaran
bersama para pelajar yang lain atau karena menurut pendidik hal itu demi
kemaslahatan pelajar, maka tidak mengapa.
٨- والثامن: أن يجلس أمام
الشيخ بالأدب كأن يحثو على ركبتيه أو يجلس كالتشهد غير أنه لا يضع يديه على فخذيه
أو يجلس متربعا بتواضع وحضوع وسكون وخشوع. وأن لا يلتفت بلا ضرورة بل يقبل بكليته
عليه مصغيا له ناظرا إليه متعقلا لقوله بحيث لا يحوجه إلى إعادة الكلام مرة ثانية.
Kedelapan,
apabila pelajar duduk dihadapan guru, maka hendaklah ia duduk dihadapannya
dengan budi pekerti yang baik, seperti duduk bersimpuh diatas kedua lututnya
(seperti duduk pada tahiyat awal) atau duduk seperti duduknya orang yang
melakukan tahiyat akhir, dengan rasa tawadlu’ , rendah diri, tuma’ninah
(tenang) dan khusyu’.
Seorang
murid (santri) tidak diperbolehkan melihat kearah gurunya kecuali dalam keadaan
dharurat, bahkan kalau memungkinkan sang murid itu harus menghadap
kearah gurunya dengan sempurna sambil melihat dan mendengarkan dengan penuh
perhatian, selanjutnya ia harus berfikir, meneliti dan berangan-angan apa yang
beliau sampaikan sehingga gurunya tidak perlu lagi untuk mengulangi
perkataannya untuk yang kedua kalinya.
ولا ينظر إلى يمينه أو يساره أو فوقه
لغير حاجة ولا سيما عند بحثه. ولا يضطرب لضجة يسمعها ولا يلتفت إليها، ولا ينفض
كميه، ولا يحسر عن ذراعه، لا يعبث بيديه أو رجليه أو غيرهما من أعضائه، ولا يفتح
فاه، ولا يقرع سنه، ولا يضرب الأرض ونحوها براحته أو بأصابعه، ولا يشبك أصابع
يديه، ولا يعبث بإزاؤه ونحوه، ولا يستند بحضرة الشيخ إلى حائط أو مِخَدّة.
Pelajar
tidak diperkenankan untuk melihat kearah kanan, arah kiri atau melihat kearah
atas kecuali dalam keadaan dlarurat, apalagi gurunya sedang membahas,
berdiskusi tentang berbagai macam persoalan.
Pelajar
tidak diperbolehkan membuat kegaduhan sehingga sampai didengar oleh sang guru
dan tidak boleh melihat kearah beliau, santri juga tidak boleh mempermainkan ujung
bajunya, tidak boleh membuka lengan bajunya sampai kedua sikunya, tidak boleh
mempermainkan beberapa anggota tubuhnya, kedua tangan, kedua kaki atau anggota
badan lainya, tidak boleh membuka mulutnya, tidak boleh menggerak-gerakkan
giginya, tidak boleh memukul tanah (bermain-main) atau yang lainya dengan
menggunakan telapak tanganya atau jari-jari tanganya, tidak boleh mensela-selai
kedua tangannya dan bermain-main dengan mengunakan sarung dan sebagainya. Seorang
murid ketika berada dihadapan sang guru tidak diperbolehkan menyandarkan
dirinya ketembok atau ke bantal.
ولا يعطي الشيخ جنبه أو ظهره، ولا
يعتمد على يديه إلى ورائه أو إلى جنبه، ولا يحكي ما يضحك منه أو ما فيه بذاءة وسوء
مخاطبة أو سوء أدب. ولا يضحك لغير عجب، ولا يعجب دون الشيخ، فإن غلبه يتبسم من غير
صوت. ولا يبصق ولا يتنحح ما أمكنه، ولا يلفظ النخامة مِن فيه بل يأخذها مِن فيه
بمنديل أو طرف ثوبه. وإذا عطس خفض صوته جهده وستر وجهه بنحو منديل، وإذا تثاءب ستر
فاه بعد رده جَهْدَه.
Santri
juga tidak boleh memberikan sesuatu kepada guru dari arah samping atau
belakang, tidak boleh berpegangan pada sesuatu yang berada dibelakangnya atau
sampingnya.. Santri juga tidak diperkenankan untuk menceritakan sesuatu yang
lucu, sehingga menimbulkan tertawa orang lain, ada unsur penghinaan kepada sang
guru, berbicara dengan menggunakan kata-kata yang sangat jelek, dan menampakkan
prilaku dan budi pekerti yang kurang baik dihadapan gurunya.
Santri
juga tidak boleh menertawakan sesuatu kecuali hal-hal yang kelihatan sangat
menggelikan, lucu dan jenaka (tidak boleh tertawa tanpa ada yang lucu), ia
tidak boleh mengagumi sesuatu ketika ia berada dihadapan gurunya.
Apabila
ada sesuatu hal, peristiwa, kejadian yang lucu, sehingga membuat santri
tertawa, maka hendaknya jikalau tertawa tidak terlalu keras, tidak mengeluarkan
suara. Ia juga tidak boleh membuang ludah, berdehem (bersuara ehm-ehm) selama
hal itu bisa ditahan atau memungkinkan, namun apabila tidak mungkin untuk
dilakukan maka seyogyanya ia melakukannya dengan santun. Ia tidak boleh
membuang ludah atau mengeluarkan riya dari mulutnya, namun yang paling baik
adalah seharusnya itu dilakukan dengan menggunakan sapu tangan atau menggunkana
ujung bajunya untuk dipakai sebagai tempat riya’ tersebut.
Apabila
pelajar sedang bersin, maka hendaknya berusaha untuk memelankan suaranya dan
menutupi wajahnya dengan menggunakan sapu tangan umpamanya. Apabila ia membuka
mulut karena menahan rasa kantuk (menguap) maka hendaknya ia menutupu mulutnya
dan berusaha untuk tidak membuka mulut (menguap).
وأن يتأدب مع رفقته وحاضري المجلس،
فيوقر أصحابه ويحترم كبراءه وأقرانه، فإن تأدبه معهم تأدب للشيخ واحترام لمجلسه.
ولا يخرج عن صف بنية الحلقة بتقدم أو
تأخر، ولا يتكلم فى أثناء درس بما لا يتعلق به أو بما يقطع عليه بحثه. وإن أساء بعض الطلبة على أحد لم ينهره غير
الشيخ إلا بإشارته. وإن أساء أحد أدبه على الشيخ تعين على الجماعة انتهاره ورده
والانتصار للشيخ بقدر الإمكان. ولا يسبقه إلى شرح مسألة أو جواب أو سؤال إلا ان
كان بإذن منه.
Ketika
pelajar sedang berada dalam sebuah pertemuan, dihadapan teman, saudara
hendaknya memekai budi pekerti yang baik, ia selalu menghormati para
sahabatnya, memuliakan para pemimpin, pejabat, dan teman sejawatnya, karena
menampakkan budi pekerti yang baik kepada mereka, berarti ia telah menghormati
para gurunya, dan menghormati pada majlis (pertemuan). Hendaknya ia juga tidak keluar
dari majelis dengan cara maju ataupun mundur kearah belakang, Murid (santri)
juga tidak boleh berbicara ketika sedang berlangsung pembahasan sebuah ilmu
dengan hal-hal yang tidak mempunyai hubungan dengan kegiatan ilmu tersebut,
atau mengucapkan sesuatu yang bisa memutus pembahas ilmu.
Apabila
ada sebagian santri (murid) itu berbuat jahat (jelek) terhadap salah seorang
(murid lain), maka ia tidak boleh dimarahi, disentak-sentak, kecuali gurunya
sendiri yang melakukan hal itu, kecuali kalau guru memberikan sebuah isyarat
kepadanya untuk melakukannya.
Apabila
ada seseorang yang melakukan hal-hal yang negatif terhadap seorang guru, maka
kewajiban bagi jamaah adalah membentak orang tersebut dan tidak menerima orang
tersebut dan membantu guru dengan kekuatan yang dimiliki (kalau memungkinkan).
Pelajar
tidak boleh mendahului gurunya dalam menjelaskan sebuah permasalahan atau
menjawab beberapa persoalan, kecuali ia mendapat izin dari sang guru.
ومن تعظيم الشيخ أن لا يجلس إلى جانبه
ولا على مصلاه ولا على فراشه، وإن أمره الشيخ بذلك فلا يفعله إلا إذا جزم عليه
جزمًا يشق عليه مخالفته، فلا بأس بامتثال أمره فى تلك الحال ثم يعود إلى ما يقتضيه
الأدب. وقد تكلم الناس فى أي الأمرين أولى أن يعتمد امتثال الأمر أو سلوك الأدب،
والذى يترجح التفصيل. فإن جزم الشيخ يما أمره به جزما أكيدا فامتثال الأمر أولى،
وإلا فسلوك الأدب أولى لجواز أن يقصد الشيخ إظهار احترامه والإعتناء به فيقابل هو
ذلك بما يجب من تعظيم الشيخ والأدب معه.
Termasuk
sebagaian dari mengagungkan seorang guru adalah murid tidak duduk disampingnya,
diatas tempat shalatnya, diatas tempat tidurnya. Seandainya sang guru
memerintahkan hal itu kepada muridnya, maka jangan sampai ia melakukannya,
kecuali apabila sang guru memang memaksa dan melakukan intimidasi kepada santri
yang tidak mungkin untuk menolaknya, maka dalam keadaan seperti ini baru
diperbolehkan untuk menuruti perintah sang guru, dan tidak ada dosa. Namun
setelah itu ia harus berprilaku sebagaimana biasanya, yaitu dengan menjunjung
tinggi akhlaqul karimah.
Dikalangan
orang banyak telah timbul sebuah pertanyaan, manakah diantara dua perkara yang
lebih utama, antara menjunjung tinggi dan berpegang teguh pada perintah sang
guru namun bertentangan dengan akhlaqul karimah dengan menjunjung tinggi-tinngi
nilai-nilai akhlak dan melupakan perintah sang guru ?
Dalam
permasalahan ini, menurut pendapat yang paling kuat (rajih) adalah
hukumnya tafsil. Apabila perintah yang diberikan oleh guru tersebut bersifat
memaksa sehingga tidak ada kemungkinan sedikitpun untuk menolaknya, maka
hukumnya yang paling baik adalah menuruti perintahnya, namun bila perintah itu
hanya sekedarnya dan bersifat anjuran, maka menjunjung tinggi nilai moralitas
adalah diatas segala-galanya, karena pada satu waktu guru diperbolehkan untuk
menampakkan sifat menghormati dan perhatian kepada santrinya (murid) sehingga
akan wujud sebuah keseimbangan (tawazun) dengan kewajiban-kewajibannya
untuk menghormati guru dan berprilaku, budi pekerti yang baik tatkala bersamaan
dengan gurunya.
٩- والتاسع: أن يحسن خطابه مع
الشيخ بقدر الإمكان، فلا يقول لِمَ ولا نسلّم ولا مَن نقل هذا ولا أين موضعه وشبه
ذلك. فإن أراد استفادته تلطف فى الوصول إلى ذلك، ثم هو فى مجلس آخر أولى على سبيل
الاستفادة. وإذا ذكر الشيخ شيئا فلا يقول هكذا قلتُ أو خطر لي أو كذا قال فلان.
وكذا لا يقول: قال فلان بخلاف قولك أو هذا غير صحيح ونحو ذلك. وإذا مر الشيخ على
قول أو دليل ولم يظهر أو على خلاف صواب لغفلة أو قصور نظر فى تلك الحال، فلا يغير
وجهه أو عينه بل يأخذه ببشر ظاهر، فإن العصمة فى البشَر ليست إلا للأنبياء صلوات
الله وسلامه أجمعين.
Kesembilan,
Pelajar hendaknya berbicara dengan baik kepada gurunya semaksimal mungkin.
Pelajar tidak boleh berkata: "Mengapa demikian?, "Kami
tidak setuju", "Siapa yang menukil ini?", "Di
mana sumber rujukannya (referensinya)?", dan kata-kata lainnya. Jika
pelajar ingin mengetahui semua itu, maka sebaiknya pelajar bersikap pelan-pelan
untuk melakukannya dan yang lebih utama adalah menanyakan semua itu di
majlis-majlis lain (ketika tidak satu majlis dengan guru).
Ketika
guru menerangkan suatu pelajaran, pelajar tidak boleh berkata: “Bagaimana
pendapat Anda?”, “Saya punya pendapat”, “Bagaimana pendapat Fulan”,
“Fulan berpendapat berbeda dengan Anda”, “Pendapat ini tidak benar!”,
dan perkataan-perkataan sejenisnya.
Jika
guru mengutip suatu pendapat atau dalil yang tidak jelas atau tidak benar,
dikarenakan kelalaian atau kelemahan guru, maka hendaknya pelajar mengingatkan guru
dengan wajah berseri-seri, tanpa merubah air muka (mimik wajah) maupun
pandangan mata, karena manusia tidak ada yang terpelihara dari kesalahan selain
para Nabi AS.
١٠- والعاشر: إذا سمع الشيخ
يذكر حكما فى مسالة أو فائدة أو يحكي حكاية أو ينشد شعرا وهو يحفظ ذلك أصغى إصغاء
مستفيد له فى الحال متعطش إليه فرحٍ به كأنه لم يسمعه قط.
Kesepuluh,
Ketika guru menyebutkan hukum suatu kasus, suatu pelajaran cerita, atau
membacakan sya'ir, sedangkan pelajar sudah menghafalnya, maka hendaknya pelajar
mendengarkan guru dengan seksama seolah-olah ingin mendapatkan pelajaran pada
saat itu, menampilkan perasaan gembira untuk mengetahui pelajaran itu dan
bergembira layaknya orang yang belum pernah mengetahui pelajaran itu sama
sekali.
قال عطاء رضي الله عنه: إني لأسمع
الحديث من الرجل، وأنا أعلم منه، فأريه مِن نفسي أني لا أحسن منه شيئا. وعنه قال:
إن بعض الشبّان ليتحدث بحديث، فأستمع له كأني لم أسمعه، ولقد سمعتُه قبل أن يولد.
‘Atha'
RA berkata: “Sesungguhnya saya pernah mendengar Hadits dari seorang
laki-laki, sedangkan saya lebih mengetahui Hadits itu dibandingkan dia, namun saya
menampakkan diri di depannya sebagai seorang yang tidak mengerti sedikitpun
tentang Hadits itu”. 'Atho' RA juga berkata: “Sesungguhnya sebagian pemuda
mendiskusikan suatu Hadits, kemudian saya mendengarkan seolah-olah saya belum
pernah mendengar Hadits tersebut padahal saya sudah mendengar Hadits itu
sebelum mereka dilahirkan”.
فإن سأله الشيخ عند الشروع فى ذلك عن
حفظه فلا يجيب بنعم لما فيه من الاستغناء عن الشيخ فيه، ولا يقول لاَ لما فيه من
الكذِب بل يقول: أحب أن أسمعه من الشيخ أو أن أستفيده منه.
Jika
guru bertanya kepada pelajar di tengah-tengah memberi pelajaran, apakah pelajar
hafal semua pelajaran itu, maka pelajar tidak boleh menjawab: "Ya",
karena jawaban itu menunjukkan bahwa pelajar merasa tidak membutuhkan lagi
kepada guru. Namun pelajar juga tidak boleh mengatakan "Tidak",
karena jawaban itu berarti dusta. Eloknya, pelajar menjawab: “Saya senang
mendengar pelajaran itu dari Guru/Ustadz/Syaikh atau saya ingin mendapatkan
pelajaran dari anda”.
١١- والحادى عشر: أن لا يسبق الشيخَ إلى شرح مسألة أو جواب أو سؤال. ولا يساوقه[5] منه ولا يظهر معرفته به أو إدراكه له. ولا يقطع على
الشيخ كلامه أيَّ كلام كان، ولا يسابقه، ولا يساوقه، بل يصبر حتى يفرغ الشيخ من
كلامه ثم يتكلم. ولا يتحدث مع غيره والشيخ يتحدث معه أو مع جماعة المجلس، وليكن ذهنه حاضرا فى جبهة الشيخ بحيث إذا أمره بشيء أو سأله عن شيء أو
أشار إليه لم يحوجه إلى الإعادة ثانيا.
Kesebelas,
Pelajar hendaknya tidak mendahului guru untuk menjelaskan suatu masalah atau
menjawab suatu pertanyaan, begitu juga pelajar tidak boleh menjelaskan atau
menjawab bersamaan dengan guru. Pelajar hendaknya tidak menampakkan pengetahuan
atau pemahaman tentang hal itu.
Pelajar
tidak boleh memotong pembicaraan guru dalam hal apapun tidak mendahului maupun bersamaan
dengan pembicaraan guru, namun sebaiknya pelajar bersabar menunggu sampai guru
selesai berbicara, baru kemudian pelajar boleh berbicara.
Pelajar
tidak boleh berbincang-bincang dengan orang lain ketika guru sedang berbicara
dengan pelajar maupun dengan para pelajar lain yang berada di majlis. Pelajar
seharusnya memfokuskan perhatian kepada guru, sekiranya apabila guru
memerintahkan sesuatu, bertanya sesuatu, maupun memberi isyarat kepadanya, guru
tidak perlu mengulang sampai dua kali.
١٢- والثاني عشر: إذا تناوله الشيخ شيئا تناوله باليمين. فإن كان ورقة يقرؤها كفتيا أو قصة
أو مكتوب شرع أو نحو ذلك نشرها ثم رفعها إليه، ولا يدفعها إليه مطوية إلا إذا علم
أو ظن إيثار الشيخ لذلك.
Kedua
belas, Apabila guru menyerahkan sesuatu kepada pelajar,
maka sebaiknya pelajar menerimanya dengan tangan kanan. Jika pelajar mau
menyerahkan lembaran kertas yang sedang dia pegang untuk dibaca, lembaran
cerita maupun lembaran-lembaran tulisan syara' (teks-teks suci agama Islam),
dan sejenisnya maka hendaklah pelajar membuka lembaran-lembaran dan
mengangkatnya untuk diserahkan kepada guru. Pelajar tidak boleh menyerahkan lembaran-lembaran
itu dalam keadaan tertutup atau terlipat, kecuali jika pelajar yakin atau
menduga bahwa guru memang menghendaki seperti itu.
وإن ناول الشيخ كتابا ناوله إيّاه مهيئا لفتحه والقراءة
فيه من غير احتياج إلى إدارته. فإن كان النظر فى موضع معين فليكن مفتوحا كذلك
ويعين له المكان، ولا يحذف إليه الشيء حذفا من كتاب أو ورقة أو غير ذلك، ويمدّ
يديه إليه إذا كان الشيخ بعيدا ولا يحوجه إلى مدّ يديه لأخذ منه أو عطاء بل يقوم
إليه قائما، ولا يزحف إليه زجفا.
Apabila
pelajar mau menyerahkan sebuah kitab, maka sebaiknya dia menyerahkan dalam
keadaan siap untuk dibuka dan dibaca tanpa perlu mencari-cari lagi. Jika guru
ingin melihat bagian tertentu dari kitab itu, maka sebaiknya pelajar membuka
bagian kitab yang dikehendaki guru dan menunjukkan bagian yang dimaksud dengan
jelas. Pelajar tidak boleh melempar apapun kepada guru, baik berupa kitab,
lembaran, da sejenisnya.
Pelajar
sebaiknya mengulurkan tangannya kepada guru jika posisi guru jauh, sehingga guru
tidak perlu mengulurkan tangan untuk mengambil maupun menerima (benda/kitab
yang diserahkan), bahkan lebih baik lagi jika pelajar berdiri menuju guru,
namun tidak perlu sampai merangkak.
وإذا جلس بين يديه فلا يقرب منه قربا
كثيرا ينسب فيه إلى سوء أدب، ولا يضع يده أو رجله
أو شيئا من بدنه أو ثيابه على ثياب الشيخ أو وسادته أو سجادته أو فراشه.
وإذا ناوله قلما ليكتب به فليمده قبل إعطائه إياه. وإن وضع بين يديه دواة فلتكن
مفتوحة الغطاء مهيئة للكتابة منها. وإذا ناوله سِكِّيْناً[6] فلا يصوب إليه شفرتها[7] ولا نصابها، ويده قابضة على الشفر بل عرضها وحد شفرتها
إلى جهته قابضا على طرف النصاب مما يَلى الفَصْل جاعلا نصابها على يمين الآخذ.
Jika
pelajar duduk di depan guru, maka pelajar tidak boleh duduk terlalu dekat
sehingga menimbulkan kesan tidak berakhlak. Pelajar tidak boleh meletakkan
tangan, kaki, atau bagian tubuh lain maupun pakaiannya di atas pakaian, bantal,
sajadah maupun tempat tidur gurunya. Apabila pelajar mau menyerahkan pena untuk
digunakan menulis oleh guru, maka sebaiknya pelajar mengulurkan tangannya
sebelum memberikan pena itu kepada gurunya. Jika pelajar mau meletakkan tempat
tinta di depan gurunya, maka hendaknya tempat tinta itu dalam keadaan sudah
terbuka dan siap pakai menulis. Sedangkan jika mau menyerahkan pisau kepada gurunya,
maka pelajar tidak boleh mengarahkan bagian pisau yang tajam maupun pegangan
pisau ke arah guru, melainkan menyerahkan pisau itu dalam posisi melintang
(horizontal), dengan sisi tajam pisau mengarah kepada pelajar dan menggenggam
gagang pisau dengan posisi searah dengan tangan kanan guru yang akan menerima
pisau itu.
وإن ناوله سجادة يصلى عليها نشرها
أولا، والأدب أن يفرشها هو عند قصد ذلك. ولا تجلس بحضرة الشيخ على سجادة ولا يصلى
عليها إذا كان المكان غير طاهر أو يحتاج إليها لعذر. وإذا قام الشيخ بادر القوم إلى
أخذ السجادة وإلى الأخذ بيده أو عضده إن احتاج إليه وإلى تقديم نعله إن لم يشق ذلك
على الشيخ ويقصدون بذلك كله التقرب إلى الله وطلب رضا الشيخ.
Apabila
pelajar mau menyerahkan sajadah untuk dipakai shalat oleh guru, maka sebaiknya
pelajar menghamparkan sajadah itu terlebih dahulu. Memang akhlaknya adalah
menghamparkan sajadah itu, ketika hendak dipakai shalat oleh guru. Pelajar
tidak boleh duduk maupun shalat di atas sajadah itu, ketika berada di hadapan guru,
kecuali jika tempat lainnya tidak suci atau memang ada uzur untuk menggunakan
sajadah tersebut. Ketika guru sudah selesai menggunakan sajadah, maka para
pelajar hendaknya bergegas mengambil sajadah itu dan membawanya dengan tangan
atau lengannya, jika gurunya menghendaki hal itu. Demikian juga, pelajar
hendaknya mempersiapkan alas kaki yang dipakai guru jika hal itu tidak
memberatkan hati guru. Semua sikap ini dimaksudkan untuk bertaqarrub kepada
Allah dan mencari ridha guru.
فقد قيل: أربعة لا يأنف[8] الشريف منهن وإن كان أميرا: قيامه مِن مجلسه لأبيه،
وخذمته لعالم يتعلم منه، والسؤال عما لا يعلم، وخدمته لضيفه.
Ada
pendapat yang menyatakan bahwa ada 4 hal yang tidak akan diacuhkan/dihiraukan
oleh orang yang mulia, sekalipun dia adalah pemimpin, yaitu: berdiri dari
tempat duduknya karena menyambut ayahnya; melayani guru yang menjadi sumbernya
belajar; bertanya tentang sesuatu yang tidak diketahui; dan melayani tamunya.
وإذا مشى مع الشيخ فليكن أمامه بالليل ووراءه بالنهار
إلا أن يقتضي الأمر خلاف ذلك لزَحْمة أو غيرها. ويتقدم عليه فى المواطن المجهولة
الحالِ لوحل أو خوض فى المواطن الخطرة، ويحترز من ترشيش ثياب الشيخ.
Ketika
berjalan bersama guru, pelajar sebaiknya berada di depan guru jika saat itu
adalah malam hari; akan tetapi pelajar hendaknya berjalan di belakang guru jika
saat itu adalah siang hari; kecuali jika kondisi menuntut sebaliknya, semisal
karena ada keramaian, dan sebagainya.
Pelajar
sebaiknya berada di depan guru ketika berjalan di tempat- tempat yang belum
dikenal, agar tidak terperosok ke dalam lumpur maupun tercebur. Demikian juga
ketika berjalan di tempat-tempat yang mengkhawatirkan dan pelajar hendaknya
menjaga agar pakaian guru tidak sampai terkena percikan apapun.
وإذا كان فى زحمة صانها عنها بيده إما من قدامه أم من
وراءه. وإذا مشى أمامه التفت إليه بعد كل قليل. فإن كان وحده والشيخ يكلمه حالة
المشي وهو فى ظل فليكن عن يمينه -وقيل عن يساره- متقدما عليه قليلا ملتفتا إليه.
Apabila
berjalan di tengah keramaian, hendaknya pelajar melindungi guru dengan
tangannya, baik dari arah depan maupun arah belakang. Jika pelajar berjalan di
depan guru, maka sebaiknya dia menoleh setiap selang beberapa waktu. Jika
pelajar itu sendirian, lalu gurunya mengajaknya bicara di tengah perjalanan,
sedangkan keduanya sedang berada di tempat yang teduh, maka hendaknya pelajar
berada di samping kanan guru, dan menurut keterangan lain, sebaiknya berada di
samping kiri pendidik, dengan posisi agak lebih maju dan bisa menoleh kepada guru.
ويعرف الشيخ بمن قرب منه ممن قصده من الأعيان إن لم
يعلم الشيخ به. ولا يمشى إلى جانب الشيخ إلا لحاجة أو إشارة منه. ويحترز عن مزاحمته
بكتفه أو بكتف دابته إن كانا راكبين وملاصقة ثيابه. ويؤثره لجهة الظل فى الصيف، وبجهة الشمس فى الشتاء،
وبالجهة التى لا تقرع الشمس فيها وجهه إذا التفت إليه. ولا يمشى بين الشيخ وبين من
يحدثه، بل يتأخر عنهما إذا تحدثا أو يتقدم ولا يقرب ولا يسمع ولا يلتفت. فإذا
أدخلاه فى الحديث فليأت من جانب آخر.
Pelajar
hendaknya melindungi guru dari berdesak-desakan dengan bahunya atau bahu
binatang tunggangannya, jika keduanya naik binatang tunggangan serta menempel
pada pakaian guru.. Selain itu, pelajar sebaiknya memilihkan jalan yang teduh
ketika musim panas, dan memilihkan bagian jalan yang tersinari matahari, ketika
musim dingin serta di arah yang membuat (wajah) guru tidak terkena sinar
matahari, sewaktu-waktu guru menoleh kepada pelajar.
Pelajar
tidak boleh berjalan di tengah-tengah guru dan orang lain yang sedang diajak
bicara oleh pendidik akan tetapi posisi pelajar sebaiknya lebih mundur atau
lebih maju tidak mendekati, mendengarkan maupun menoleh kepada mereka berdua.
Apabila guru ingin melibatkan pelajar dalam perbincangan, maka hendaklah
pelajar mendatanginya dari arah lain.
وإذا صادف الشيخ فى الطريق بدأه بالسلام ويقصده إن كان
بعيدا ولا يناديه، ولا يسلم عليه من بعيد ولا من ورائه، بل يقرب منه ويتقدم عليه
ثم يسلم، ولا يشير عليه ابتداء بالأخذ فى طريق حتى يستشيره، ولا يسأله فى الطريق.
Pelajar
hendaknya memperkenalkan orang-orang yang mendekat untuk menemui guru, jika
pendidik belum mengenal orang yang bersangkutan. Pelajar tidak boleh berjalan
di samping guru kecuali ada kebutuhan atau ada isyarat dari guru (untuk
melakukan hal itu).
Ketika
pelajar bertemu guru, sebaiknya pelajar lebih dahulu memberi salam kepada guru.
Pelajar sebaiknya datang menyongsong guru apabila posisi guru itu jauh. Pelajar
tidak boleh memanggil dan memberi salam kepada guru dari kejauhan maupun dari
arah belakang, akan tetapi harus mendekatinya, maju menemuinya, baru kemudian
mengucapkan salam kepada guru.
Pelajar
hendaknya tidak mendahului perbincangan di tengah jalan, sampai guru yang
mengajaknya berbicara. Pelajar sebaiknya tidak bertanya kepada guru di tengah
perjalanan.
وإذا وصل إلى منزل الشيخ فلا يقف قبالة بابه كراهة أن
يصادف خروج ما يكره الشيخ اطلاعه عليه. وإذا صعد معه سُلَّمًا تأخر المتعلم عن
الشيخ. وإذا نزل الشيخ سبقه لاحتمال أن تزل رجل الشيخ فيعتمده. ولا يقول لما رآه
الشيخ وكان خطأ: هذا خطأ ولا هذا ليس برأي، بل يقول: أن الظاهر أن المصلحة فى كذا.
ولا يقول: الرأي عندي كذا أو شبه ذلك.
Ketika
pelajar tiba di rumah guru, maka pelajar tidak boleh berdiri di depan pintu
rumahnya, karena dikhawatirkan berpapasan dengan seseorang yang keluar dari
pintu itu, sedangkan guru tidak ingin orang itu terlihat oleh pelajar.
Jika
pelajar mau naik tangga bersama guru, maka hendaknya pelajar berjalan di
belakang pendidik, namun jika turun dari tangga, hendaknya pelajar berjalan di
depan guru, sehingga sewaktu-waktu guru terpeleset kakinya, guru bisa bertopang
kepada pelajar.
Pelajar
tidak boleh berkomentar atas pendapat yang dikemukakan oleh guru, meskipun
pendapat itu salah. Misalnya: “Pendapat ini salah”, “Pendapat ini
tidak sesuai dengan pendapatku”. Akan tetapi hendaknya pelajar berkata: “Tampaknya,
bahwa yang maslahat adalah seperti ini”, pelajar tidak boleh berkomentar: “Menurut
pendapatku adalah...” dan komentar-komentar sejenis.
[1]
وفى
المختار: السمت الطريق، وهو أيضا هيئة أهل الخير اهـ.
[2]
وفى
المختار: استعتبه فاعتبه استرضاه اهـ.
[3]
وفى
المختار: عراه كذا من باب عدا واعتراه أي غشيه اهـ.
[4]
وفى
القاموس وشرحه: والعنية بالفتح العناء وتعناها تحشمها، وعاناه معاناة شاجره يقال: لا
تعان أصحابك أي لا تشاجرهم، وقاساه يقال هو يعانى كذا أي يقاسيه اهـ.
[5]
وفى
المصباح: والفقهاء يقولون تساوقت الخطبتان ويريدون المقارنة والمعية.
[6]
فى
المصباح: السكين معروف، وحكى ابن الأنباري فيه التذكير والتأنيث اهـ.
[7]
فى
المصباح: شفرة كل شيء حرفه اهـ.
[8]
وفى
المصباح: أنِف من الشيء أنفا، والاسم الأنفة مثل قصبة، أى استنكف وهو الاستكبار،
وأنف منه تنزه عنه اهـ.
Tidak ada komentar